So.. um.. kali ini tema postingan gue bakalan agak beda dibandingkan kerandoman gue yang biasa. Kali ini gue akan membahas pengalaman gue mengikut event Panada Conference 2014. Widih, nuansa IT Gans!

Panada Framework

Sebelum jalan ke eventnya, mungkin ada yang belum tahu Panada itu apaan. Apakah dia sejenis binatang berbulu yang lucu (Itu panda euy!)? Ataukah dia suaminya Bunada?

Panada is a high performance PHP development framework, yet simple. Not only in contexts about how to use it, but it also how the core system run it.

Panada Framework adalah framework PHP yang dapat membantu proses development aplikasi. Bukan, bukan Pemberi Harapan Palsu  yang bikin hati kalian jadi sakit. PHP di sini adalah server-side scripting yang umumnya dipakai untuk web development. Saat ini ada cukup banyak PHP framework yang dipakai para developer, sebut saja CodeIgniter, Laravel, Yii, CakePHP, dan masih banyak lagi yang lain. Yang membedakan di sini adalah Panada ini adalah buatan anak bangsa. Selain itu, Panada memiliki kecepatan di atas framework lainnya dan bahkan telah digunakan di situs ternama seperti Kompasiana. Waw!

Panada Conference 2014

Untuk lebih memperkenalkan Panada kepada masyarakat umum, diadakanlah Panada Conference 2014. Event ini diselenggarakan pada tanggal 1 November 2014 bertempat di Menara Bank Mega. Foto yang gue ambil ini adalah Gedung Trans yang berada tepat di sebelahnya. Nggak nyambung kan?

BUKAN MAU IKUTAN ACARA YKS..

Anyway, keikutsertaan gue di event ini bisa dibilang nggak sengaja pake banget. Semua bermula saat salah seorang anggota di grup Facebook PHP Indonesia bertanya tentang event Panada Conference 2014 ini. Iseng-iseng gue googling dan ternyata menarik juga tema pembahasannya. Ditambah lagi free lunch dan shirt, wah lengkaplah sudah (aih.. ketahuan deh motif utamanya).

Panada Conference 2014 dimulai oleh Pak Heriyadi Janwar dari Microsoft yang mempromosikan produk cloud andalan Microsoft, Azure. Layanan ini memang oke banget buat kalian yang nyari cloud service untuk perusahaan atau personal. Nanti kalian bisa nyoba simpan cita-cita kalian di cloud hosting agar cita-cita kalian setinggi langit (apeu..)

Acara berlanjut ke pembahasan utama mengenai Panada Framework yang dibawakan oleh Bang Iskandar Soesman. Bang Kandar mengklaim kalau performa Panada lebih unggul dibandingkan framework lain. Wah, jadi penasaran kan pengen nyoba? Di sini para peserta antusias banget terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Setelah makan siang (yang ternyata menu makanannya sangat memuaskan.. Happy Tummy!), Panada Conference 2014 ini lanjut ke sesi workshop. Terdapat enam materi workshop yang terbagi ke dalam tiga sesi. Setiap peserta hanya bisa mengambil tiga materi saja. Berikut materi workshop yang dibagikan kepada kami:

Sesi 1
Optimize Infrastructure Performance
Big Data
Sesi 2
PHP Composer
Git for Development and Deployment
Sesi 3
Yii2
Laravel

SUASANA SESI PHP COMPOSER SAAT PANADA CONFERENCE 2014

Kalian pasti bertanya-tanya kalau gue yang keren ini ngambil materi apa aja. Seandainya kalian nggak bertanya pun bakalan tetep gue kasih tahu sih. Pada Panada Conference 2014 kemarin gue ngambil materi Optimize Infratructure Performance, PHP Composer dan Laravel. Nggak ada alasan khusus sih bagi gue untuk mengambil ketiga materi itu, tapi untuk Laravel karena gue penasaran dengan framework for web artisan itu. :)

Overall acara Panada Conference 2014 ini keren banget. Semua narasumber nya oke banget ditambah lagi gue jadi bisa lebih kenal dekat dengan PHP Framework karya anak bangsa ini (Psstt.. Gue lagi otak-atik di localhost nih.. :p). Saran saja untuk conference 2015, akan lebih baik lagi kalau ruangan antar materi yang dijalankan bersamaan dipisah saja. Kemarin karena digabung jadinya suaranya campur aduk. Hahaha. Sekali lagi, Panada Conference 2014 keren #PanadaConf2014!